PERANGKAT DAERAH KABUPATEN MAGELANG BERKURANG



Kota Mungkid.5/9/2016. Bupati Magelang serahkan draf Raperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Magelang serta draf Rancangan KUA PPAS Perubahan Tahun Anggaran 2016 dalam agenda Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Magelang.

Bupati Magelang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab Magelang mengusulkan pembentukan perangkat daerah Kabupaten Magelang dengan susunan meliputi 2 (dua) Sekretariat yaitu Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD, 1 (satu) unsur pengawasan yaitu inspektorat, 22 (dua puluh dua) dinas, 3 (tiga) badan serta 21 (dua puluh satu) kecamatan.

“Di samping itu terdapat 2 (dua) perangkat daerah existing yang tetap melaksanakan tugasnya sebagaimana keadaan saat ini atau ber-status quo, karena masih menunggu diundangkannya perundang-undangan yang mengatur urusan pemerintahan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah tersebut. Kedua perangkat daerah tersebut adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik. “ tambah Bupati.

Dalam rancangan peraturan daerah ini dibentuk 51 perangkat daerah, terdiri 49 perangkat daerah hasil penataan perangkat daerah serta 2 perangkat daerah yang ber-status quo. Dibandingkan dengan jumlah susunan perangkat daerah kondisi existing, jumlah perangkat daerah ini berkurang 2 perangkat daerah, dari kondisi saat ini yang berjumlah 53 perangkat daerah.

Pembentukan Raperda ini mengacu pada amanat Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, masing-masing Urusan Pemerintahan pada prinsipnya diwadahi dalam 1 (satu) satuan kerja Perangkat Daerah, agar penanganan urusan pemerintahan dapat dilakukan secara optimal dengan didukung oleh sumber daya manusia dalam jumlah yang cukup dan kompeten. Hal ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari aspek sumberdaya manusia aparatur, anggaran, dan sarana prasarana.

Bersumber pada Peraturan tersebut maka Pemkab Magelang melakukan penggabungan beberarapa urusan pemerintahan yang mempunyai kedekatan karakteristik, keterkaitan, dan rumpun dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan ke dalam satu perangkat daerah.

Dalam Rancangan Peraturan Daerah ini, perangkat daerah ditetapkan dalam 3 (tiga) tipe, yaitu Tipe A, Tipe B dan Tipe C sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Penetapan tipe perangkat daerah didasarkan pada perhitungan jumlah nilai variabel beban kerja. Variabel beban kerja terdiri dari variabel faktor umum dan variabel faktor teknis. Variabel faktor umum, meliputi jumlah penduduk, luas wilayah, dan jumlah APBD, dengan bobot sebesar 20% (dua puluh persen). Dan variabel faktor teknis yang merupakan beban utama dengan bobot sebesar 80% (delapan puluh persen).

Bupati berharap, melalui penataan kembali perangkat daerah ini dapat terwujud susunan perangkat daerah yang lebih efektif, efisien, rasional dan proporsional, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sumberdaya daerah, serta berorientasi kepada peningkatan pelayanan masyarakat.humassetdprd.

Aspirasi Masyarakat

  • Form Website Pengaduan
  • SMS Pengaduan 08118500xxx
  • aspirasi@dprd-magelang.go.id
Jejak Pendapat
Bagaimana menurut anda tentang Website ini?
Kabupaten Magelang
Kabupaten Magelang